Friday 4 September 2015

ASUHAN KEPERAWATAN INKONTINENSIA URIN



 BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG
Inkontinensia urin tampaknya akan menjadi salah satu masalah kesehatan dan psikososial yang sering dijumpai di masa mendatang seiring dengan makin banyaknya jumlah usia lanjut di Indonesia.
Inkontinensia urin seringkali menyebabkan pasien dan atau keluarganya frustasi, bahkan depresi. Bau yang tidak sedap, perasaan kotor, tidak suci untuk beribadah tentu menimbulkan masalah sosial dan psikologis. Selain itu, adanya inkontinensia urin juga akan mengganggu aktivitas fisik, seksual, dan pekerjaan. Secara tidak langsung masalah itu juga dapat menyebabkan dehidrasi karena umumnya pasien akan mengurangi minumnya karena khawatir mengompol. Dekubitus, infeksi saluran kemih berulang, jatuh, dan tidak kalah pentingnya adalah biaya perawatan yang tinggi untuk pembelian pampers, kateter adalah masalah yang juga dapat timbul akibat inkontinensia urin.

B.      RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan inkontinensia urin?
2.      Apa saja klasifikasi dari inkontinensia urin?
3.      Apa saja penyebab dari inkontinensia urin?
4.      Apa saja manifestasi klinis inkontinensia urin?
5.      Bagaimana proses terjadinya inkontinensia urin?
6.      Apa saja penatalaksanaan untuk inkontinensia urin?
7.      Pemeriksaan penunjang apa saja yang dilakukan pada inkontinensia urin?
8.      Bagaimana WOC dari inkontinensia urin?
9.      Apa saja asuhan keperawatan pada inkontinensia urin?

 
C.      TUJUAN
1.      Untuk mengetahui apa itu inkontinensia urin.
2.      Untuk mengetahui klasifikasi inkontinensia urin.
3.      Untuk mengetahui etiologi inkontinensia urin.
4.      Untuk mengetahui manifestasi klinis inkontinensia urin.
5.      Untuk mengetahui patofisiologi inkontinensia urin.
6.      Untuk mengetahui penatalaksanaan inkontinensia urin.
7.      Untuk mengetahui pemeriksaan penunjang inkontinensia urin.
8.      Untuk mengetahui WOC inkontinensia urin.
9.      Untuk mengetahui auhan keperawatan inkontinensia urin.

BAB II
PEMBAHASAN

A.     PENGERTIAN
Inkontinensia urin merupakan eliminasi urin dari kandung kemih yang tidak terkendali atau terjadi diluar keinginan.(Brunner & Suddart. 2002)
Inkontinensia urin merupakan urin yang keluar tidak terkendali dan tidak diduga.(Mary Baradero,dkk. 2009)
Inkontinensia urin ialah kehilangan control berkemih yang dapat bersifat sementara atau menetap. (Potter & Perry. 2006)

B.      KLASIFIKASI
Menurut Brunner & Suddart:
1.      Inkontinensia stress
Merupakan eliminasi urin diluar keinginan melalui uretra sebagai akibat dari peningkatan mendadak pada tekanan intra-abdomen. Tipe inkontinensia ini paling sering ditemukan pada wanita dan dapat disebabkan oleh cedera obstetric, lesi kolum vesika urinaria, kelainan ekstrinsik pelvis, fistula, disfungsi detrusor dan sejumlah keadaan lainnya. Disamping itu, gangguan ini dapat terjadi karena kelainan congenital (ekstrofi vesika urinaria, ureter ektopik).
2.      Inkontinensia urgensi
Terjadi bila pasien merasakan dorongan atau keinginan untuk urinasi tetapi tidak mampu menahannya cukup lama sebelum mencapai toilet. Pada banyak kasus, kontraksi kandung kemih yang tidak dihambat merupakan factor yang menyertai; keadaan ini dapat terjadi pada pasien disfungsi neurologi yang mengganggu penghambatan kontraksi kandung kemih atau pada pasien dengan gejala local iritasi akibat infeksi saluran kemih atau tumor kandung kemih.


3.      Inkontinensia overflow
Ditandai oleh eliminasi urin yang sering dan kadang-kadang terjadi hampir terus-menerus dari kandung kemih. Kandung kemih tidak dapat mengosongkan isinya secara normal dan mengalami distensi yang berlebihan. Meskipun eliminasi urin terjadi dengan sering,kandung kemih tidak pernah kosong. Inkontinensia overflow dapat disebabkan oleh kelainan neurologi (yaitu, lesi medulla spinalis) atau oleh factor-faktor yang menyumbat saluran keluar urin (yaitu,penggunaan obat-obatan, tumor, struktur dan hyperplasia prostat).
4.      Inkontinensia fungsional
Merupakan inkontinensia dengan fungsi saluran kemih bagian bawah yang utuh tetapi ada factor lain, seperti gangguan kognitif berat yang membuat sulit untuk mengidentifikasi perlunya urinasi (misalnya demensia Alzheimer) atau gangguan fisik yang menyebabkan pasien sulit atau tidak mungkin menjangkau toilet untuk melakukan urinasi.
5.      Inkontinensia reflex
Merupakan kehilangan urin yang tidak disadari bila volume tertentu telah tercapai, terjadi pada Interval yang dapat diperkirakan. Gangguan neurologic seperti pada lesi sum-sum tulang belakang. (Barbara C. Long. 1996)

C.      ETIOLOGI
1.      Cerebral clouding
Merupakan gangguan pengendalian serebral berupa status mental yang disifatkan dengan bingung, penurunan persepsi, kurang perhatian dan mengakibatkan disorientasi terhadap waktu, tempat, dan lain-lain.
2.      Infeksi
3.      Gangguan jalur dari saraf pusat (lesi korteks)
4.      Lesi neuron atas
5.      Lesi motor neuron bawah
6.      Kerusakan jaringan
D.     FAKTOR YANG BERHUBUNGAN
Factor-faktor yang ada hubungan
Penyebab inkontinensia urin
Kesadaran kebutuhan untuk berkemih
Kemampuan korteks untuk menahan berkemih
Busur refleks
Respon kandung kemih terhadap pengisian
akibatnya
Cerebral clouding
terganggu
Terganggu
Bekerja
Normal
Berkemih tidak terkendali akibat respon reflek.
Infeksi
Bekerja
Bekerja tapi terkalahkan oleh respon reflek yang kuat
Mendapat stimulus tidak normal
Meningkat
Berkemih karena respon reflek yang kuat (terpaksa).
Gangguan jalur dari sel saraf pusat (lesi korteks)
Berkurang
Terganggu
Bekerja
Meningkat
Berkemih karena respon reflek.
Lesi neuron atas
Rusak
Rusak
Bekerja, tapi tidak tepat
Meningkat
Berkemih karenarespon reflek.
Lesi motor neuron bawah
Rusak
Rusak
Rusak atau terganggu
Rusak atau terganggu
Distensi atau pengosongan tidak sempurna.
Kerusakan jaringan
bekerja
Ada, tapi berfungsi karena respon otot jelek
bekerja
normal
Hilang kendali berkemih karena otot-otot terganggu.

D.     MANIFESTASI KLINIS
1.      Inkontinensia stress :  Keluarnya urin selama batuk, mengedan, dan sebagainya. Gejala-gejala ini sangat spesifik untuk inkontinensia stress.
2.      Inkontinensia urgensi : ketidak mampuan menahan keluarnya urin dengan gambaran seringnya terburu-buru untuk berkemih.
3.      Enuresis nocturnal : 10% anak usian 5 tahun dan 5% anak usia 10 tahun mengompol selama tidur. Mengompol pada anak yang lebih tua merupakan sesuatu yang abnormal dan menunjukan adanya kandung kemih yang tidak stabil.
4.      Gejala infeksi urine (frekuensi, disuria, nokturia), obstruksi(pancara lemah, menetes), trauma (termasuk pembedahan, misalnya reseksi abdominoperineal), fistula (menetes terus menerus), penyakit neurologis (disfungsi seksual atau usus besar) atau penyakit sistemik (misalnya diabetes) dapat menunjukan penyakit yang mendasari.
5.      Ketidak nyamanan daerah pubis.
6.      Distensi vesika urinaria.
7.      Ketidak sanggupan untuk berkemih.
8.      Sering berkemih, saat vesika urinaria berisi sedikit urine (20-50 ml).
9.      Ketidak seimbangan jumlah urine yang dikeluarkan dengan asupannya.
10.  Meningkatkan keresahan dan keinginanan berkemih.
11.  Adanya urine sebanyak 3000-4000 ml dalam kandung kemih.
12.  Tidak merasakan urine keluar.
13.  Kandung kemih terasa penuh walaupun telah buang air kecil.

E.      PATOFISIOLOGI
                        Pengendalian kandung kencing dan sfinkter diperlukan agar terjadi pengeluaran urin secara kontinen. Pengendalian memerlukan kegiatan otot normal diluar kesadaran dan yang di dalam kesadaran yang dikoordinasi oleh reflex urethrovesica urinaria. Pengertian tentang keteraturan stimulus saraf dan kegiatan otot dapat membantu perawat bagaimana kontinen dapat dapat dipertahankan.
                        Bila terjadi pengisian kandung kecing, tekanan didalam kandung kemih meningkat. Otot detrusor (lapisan yang tiga dari dinding kandung kencing) memberikan respon dengan relaksasi agar memperbesar volume daya tampung. Bila titik daya tampung telah dicapai, biasanya 150 sampai 200 ml urin daya rentang reseptor  yang  terletak pada dinding kandung kemih mendapat rangsang. Stimulus ditransmisi lewat serabut reflek eferan ke lengkungan pusat reflex untuk mikstrurirasi. Impuls kemudian disalurkan melalui serabut eferen dari lengkungan refleks ke kandung kemih, menyebabkan kontraksi otot detrusor.
                        Sfinkter interna yang dalam keadaan normal menutup, serentak bersama-sama membuka dan urin masuk ke urethra posterior. Relaksasi sfinkter eksterna dan otot perincal mengikuti dan isi kandung kemih keluar. Pelaksanaan kegiatan refleks bisa mengalami interupsi dan berkemih ditangguhkan melalui dikeluarkannya impuls inhibitori dari pusat kortek yang berdampak kontraksi diluar kesadaran dari sfinker eksterna. Bila salah satu bagian dari fungsi yang komlek ini rusak, bisa terjadi inkontinensia urin.
                        Cerebral clouding (fungsi otak menurun) pada orang lanjut usia adalah biasa. Pada banyak kejadian orang lanjut usia inkontinen karena berkurangnya kesadaran kebutuhan untuk mengosongkan kandung kemih. Bentuk inkontinen ini seringkali tidak ada hubungan dengan kelainan patologi pada tingkat otak. Cerebral clouding terjadi juga pada orang sakit akut yang menderita begitu sakit sehingga otak tumpul. Mereka tidak dapat berfikir dan tidak mempunyai energy untuk mengendalikan di luar kesadaran. Demikian juga seseorang dalam keadaan koma mengalami inkontinen, karena hilangnya kemampuan diluar kesadaran pembukaan sfinter eksterna. Bila air kencing sudah masuk ke urethra posterior, kandung kencing berkontraksi dan air kemih keluar. Hal seperti ini menyebabkan kenapa seseorang berkemih pada waktu anesthesia.
                        Infeksi dimana saja pada saluran kemih dapat berdampak inkontinen, karena bakteri pada saluran kemih menyebabkan iritasi pada lapisan mukosa kandung kemih dan menstimulir rethrovesica urinaria.
inkontinen terjadi sebagai dampak dari ketidakmampuan untuk menahan reflek urethro vesica urinaria dengan sempurna oleh pusat-pusat yang lebih tinggi.
Gangguan reflek urethro vesicalis dapat terjadi karena lesi tulang sum-sum belakang atau rusak saraf perifer dari kandung kemih. Bentuk kontinen ini dapat terlihat pada orang dengan malforsi sum-sum belakang, cedera, tumor dan pada mereka dengan komprs sum-sum  akibat patah vertebra, diskus yang hernia, tumor metastase di sum-sum belakang pasca bedah. Bentuk kesulitan ini dapat berakibat kepada dua jenis respon yang dikenal sebagai neurogenik vesicalis. Orang yang menderita neurogenic vesikalis tidak mempunyai cara untuk mengetahui kapan berkemih itu terjadi.
Cedera diatas tingkat S2 dari sum-sum belakang atau gangguan pusat cerebrocortical tidak merusak reflek berkemih, walupun bisa menghilangkan keteraturan. Lesi bisa merusak potensi kortek untuk menahan reflek. Dampaknya adalah “motor neuron atas” atau kandung kencing yang automatis. Kandung kemih menjadi hipertosis dan hanya mempunyai sedikit kapasitas (kurang dari 150 ml). Peningkatan tonus detrusor dan peningkatan sensitifitas terhadap jumlah urin yang sedikit di dalam kandung kemih berdampak mendahului reflek berkemih dan berpotensi terjadi refluks vesicourethral.
Kerusakan saraf cauda equina atau segmen sakrum bisa berdampak pada lengkungan refleks oleh interupsi aferennya, eferannya oleh komponen sentral. Berakibat terjadi “motor neuron bawah” atau kandung kemih lemah. Kandung kemih menjadi hipotonis dengan kapasitas 500 ml atau lebih. Inkontinen luapan, retensi residu urin, dan potensi vesicourethra refluks merupakan masalah yang didorong oleh kandung kemih yang hipotosis.
Inkontinen karena luapan dianggap disebabkan oleh tekanan dari kandung kemih yang distensi oleh otot-otot abdomen. Residu urin adalah, urin yang masih berada di dalam kandung kemih setelah pengosongan yang tidak sempurna, merupakan media untuk berkembangnya bakteri dan infeksi saluran kemih menjadi lumrah.
Kerusakan jaringan dari sfingter kandung kemih oleh instrumen, bedah atau kecelakaan, parut yang ditinggalkan infeksi, lesi yang mengenai sfingter atau relaksasi struktur perineum dapat berakibat intontinen urin. Sebab inkontinen yang akhir kadang-kadang sering timbul setelah melahirkan anak. Masalah sifatnya lokal dan tidak menyangkut saraf.

F.       PENATALAKSANAAN
1.      Kateterisasi
Ada tiga macam kateterisasi pada inkontinensia urine :
a.      Kateterisasi luar
Terutama pada pria yang memakai system kateter kondom. Efek samping yang utama adalah iritasipad kulit dan sering lepas.
b.      Katerisasi intermiten
Katerisasi secara intermiten dapat dicoba, terutam pada wanita lanjut usia yang menderita inkontinensia urine. Frekuensi pemasangan 2-4x sehari dengan sangat memperhatikan sterilisasi dan tehnik prosedurnya.
c.       Kateterisasi secar menetap
Pemasangan kateter secara menetap harus benar-benar dibatasi pada indikasi yang tepat. Misalnya untuk ulkus dekubitus yang terganggu penyembuhannya karena ada inkontinensia urine ini. Komplikasi dari kateterisasi secara terus-menerus ini disamping infeksi. Juga menyebabkan batu kandung kemih, abses ginjal dan bahkan proses keganasan dari saluran kemih.
2.      Medikasi
a.      Estrogen, untuk mengurangi atropik vanigitis uretra dan memulihkan uretra yang supel
b.      Antikolinergik, untuk mengurangi spastisitas kandung kemih, relaksasi otot.
c.       Kolinergik, untuk memperbaiki kandung kemih yang flaksid dengan menstimulasi kontraksi kandung kemih.
d.      Penyekat alfa-adrenergik, untuk mengurangi spastisitas leher kandung kemih
e.      Simpatomimetik, untuk meningkatkan tonus leher kandung kemih dan uretra
f.        Penyekat saluran kalsium, untuk mengurangi kontraksi otot detrusor.
3.      Diet
Modifikasi diet terdiri dari penjadwalan asupan cairan. Asupan cairan setelah makan malam perlu dikurangi.makanan yang dapat menstimulasi kandung kemih perlu dihindari, misalnya kopi, the, alcohol, dan cokelat.

Pengelolaan inkontinensia urine pada penderita usia lanjut, secara garis besar dapat dikerjakan sebagai berikut :
a.      Program rehabilitasi
1)      Melatih respon kandung kemihagar baik lagi
2)      Melatih perilaku berkemih
3)      Latihan otot-otot dasar panggul
4)      Modifikasi tempat untuk berkemih
5)      Kateterisasi baik secara berkala atau menetap
6)      Obat-obatan, antara lain untuk relaksasi kandung kemih, esterogen
7)      Pembedahan, misalnya untuk mengangkat penyebab sumbatan atau keadaan patologi lain.
Menurut Kane dkk, untuk masing-masing tipe dari inkontinensia ada beberapa hal khusus yang dianjurkan, misalnya :
1.      Inkontinensia tipe stress
a.      Latihan otot-otot dasar panggul
b.      Latihan penyesuaian berkemih
c.       Obat-obatan untuk merelaksasi kandung kemih dan estrogen
d.      Tindakan pembedahan memperkuat muara kandung kemih
2.      Inkontinensia tipe urgensi
a.      Latihan mengenal berkemih dan menyesuaikan
b.      Obat-obatan untuk merelaksasikan kandung kemih dan estrogen
c.       Tindakan pembedahan untuk mengambil sumbatan dan lain-lain keadaan patologik yang menyebabkan iritasi saluran kemih bagian bawah.
3.      Inkontinensia tipe fungsional
a.      Penyesuaian  sikap berkemih antara lain dengan jadwal dan kebiasaan berkemih
b.      Pakaian dalam dan kain penyerap khusus lainnya.
c.       Penyesuaian atau modifikasi lingkungan tempat berkemih.
d.      Kalau perlu digunakan obat-obatan yang merelaksasikan kandung kemih

G.     PEMERIKSAAN PENUNJANG
Tes diagnostik pada inkontinensia urin (Menurut Ouslander)
Tes diagnostik pada inkontinensia perlu dilakukan untuk mengidentifikasi faktor yang potensial mengakibatkan inkontinensia, mengidentifikasi kebutuhan klien dan menentukan tipe inkontinensia.
1.      Mengukur sisa urine setelah berkemih
Dilakukan dengan cara : Setelah buang air kecil, pasang kateter, urin yang keluar melalui kateter diukur atau menggunakan pemeriksaan ultrasonik pelvis, bila sisa urin > 100 cc berarti pengosongan kandung kemih tidak adekuat. Urinalisis, dilakukan terhadap spesimen urine yang bersih untuk mendeteksi adanya factor yang berperan terhadap terjadinya inkontinensia urin seperti hematuri, piouri, bakteriuri, glukosuria, dan proteinuria. Tes diagnostik lanjutan perlu dilanjutkan bila evaluasi awal didiagnosis belum jelas.
2.      Tes lanjutan tersebut adalah :
a)      Tes laboratorium tambahan seperti kultur urin, blood urea nitrogen, creatinin, kalsium glukosa sitologi. Tes urodinamik adalah untuk mengetahui anatomi dan fungsi saluran kemih bagian bawah
b)      Tes tekanan urethra adalah mengukur tekanan di dalam urethra saat istirahat dan saat dinamis
3.      Imaging adalah tes terhadap saluran perkemihan bagian atas dan bawah.
     Pemeriksaan penunjang Uji urodinamik sederhana dapat dilakukan tanpa menggunakan alat-alat mahal. Sisa-sisa urine pasca berkemih perlu diperkirakan pada pemeriksaan fisis. Pengukuran yang spesifik dapat dilakukan dengan ultrasound atau kateterisasi urine. Merembesnya urin pada saatdilakukan penekanan dapat juga dilakukan.
Evaluasi tersebut juga harus dikerjakan ketika kandung kemih penuh dan ada desakan keinginan untuk berkemih. Diminta untuk batuk ketika sedang diperiksa dalam posisi litotomi atau berdiri. Merembesnya urin sering kali dapat dilihat. Informasi yang dapat diperoleh antara lain saat pertama ada keinginan berkemih, ada atau tidak adanya kontraksi kandung kemih tak terkendali, dan kapasitas kandung kemih.
4.      Laboratorium Elektrolit, ureum, creatinin, glukosa, dan kalsium serum dikaji untuk menentukan fungsi ginjal dan kondisi yang menyebabkan poliuri.
5.       Catatan berkemih (voiding record)
Catatan berkemih dilakukan untuk mengetahui pola berkemih. Catatan ini digunakan untuk mencatat waktu dan jumlah urin saat mengalami inkontinensia urin dan tidak inkontinensia urin, dan gejala berkaitan dengan inkontinensia urin. Pencatatan pola berkemih tersebut dilakukan selama 1-3 hari. Catatan tersebut dapat digunakan untuk memantau respon terapi dan juga dapat dipakai sebagai intervensi terapeutik karena dapat menyadarkan pasien faktor-faktor yang memicu terjadinya inkontinensia urin pada dirinya.
6.      Urinalisis
Digunakan untuk melihat apakah ada bakteri, darah dan glukosa dalam urine.
7.      Uroflowmeter
Digunakan untuk mengevaluasi pola berkemih dan menunjukkan obstruksi pintu bawah kandung kemih dengan mengukur laju aliran ketika pasien berkemih.
8.      Cysometry
Digunakan untuk mengkaji fungsi neuromuskular kandung kemih dengan mengukur efisiensi refleks otot destrusor, tekana dan kapasitas intravesikal, dan reaksi kandung kemih terhadap rangsangan panas.
9.      Urografi ekskretori bawah kandung kemih dengan mengukur laju aliran ketika pasien berkemih :
a.      Urografi ekskretorik
Disebut juga pielografi intravena, digunakan untuk mengevaluasi struktur dan fungsi ginjal, ureter dan kandung kemih.
b.      Kateterisasi residu pascakemih
Digunakan untuk menentukan luasnya pengosongan kandung kemih dan jumlah urine yang tersisa dalam kandung kemih setelah pasien berkemih.
10.  Sistometrogram dan elektromiogram.
Dilakukan untuk mengevaluasi otot detrusor, spingter dan otot perineum.
11.  USG kandung kemih, sistoskopi dan IVP.
Dilakukan untuk mengkaji struktur dan fungsi saluran kemih.

H.     ASUHAN KEPERAWATAN
1.      Pengkajian
a.      Identitas klien
                        Meliputi nama, umur, jenis kelamin, pendidikan, alamat, pekerjaan, alamat, suku bangsa, tanggal, jam MRS, nomor registrasi, dan diagnosa medis.
b.      Riwayat kesehatan
1)      Riwayat kesehatan sekarang
     Berapakah frekuensi inkonteninsianya, apakah ada sesuatu yang mendahului inkonteninsia (stres, ketakutan, tertawa, gerakan), masukan cairan, usia/kondisi fisik, kekuatan dorongan/aliran jumlah cairan berkenaan dengan waktu miksi. Apakah ada penggunaan diuretik, terasa ingin berkemih sebelum terjadi inkontenin, apakah terjadi ketidakmampuan.
2)      Riwayat kesehatan dahulu.
Apakah klien pernah mengalami penyakit serupa sebelumnya, riwayat urinasi dan catatan eliminasi klien, apakah pernah terjadi trauma/cedera genitourinarius, pembedahan ginjal, infeksi saluran kemih dan apakah dirawat dirumah sakit.
3)      Riwayat kesehatan keluarga.
Tanyakan apakah ada anggota keluarga lain yang menderita penyakit serupa dengan klien dan apakah ada riwayat penyakit bawaan atau keturunan, penyakit ginjal bawaan/bukan bawaan.
c.       Pemeriksaan fisik
1)      Keadaan umum
Klien tampak lemas dan tanda tanda vital terjadi peningkatan karena respon dari terjadinya inkontinensia.
2)      Pemeriksaan Sistem
a)      B1 (breathing)
Kaji pernapasan adanya gangguan pada pola nafas, sianosis karena suplai oksigen menurun. kaji ekspansi dada, adakah kelainan pada perkusi.
b)      B2 (blood)
Peningkatan tekanan darah, biasanya pasien bingung dan gelisah
c)      B3 (brain)
Kesadaran biasanya sadar penuh
d)      B4 (bladder)
Inspeksi:
Periksa warna, bau, banyaknya urine biasanya bau menyengat karena adanya aktivitas mikroorganisme (bakteri) dalam kandung kemih serta disertai keluarnya darah apabila ada lesi pada bladder, pembesaran daerah supra pubik lesi pada meatus uretra,banyak kencing dan nyeri saat berkemih menandakan disuria akibat dari infeksi, apakah klien terpasang kateter sebelumnya.
Palpasi :
Rasa nyeri di dapat pada daerah supra pubik / pelvis, seperti rasa terbakar di urera luar sewaktu kencing / dapat juga di luar waktu kencing.
e)      B5 (bowel)
Bising usus adakah peningkatan atau penurunan, Adanya nyeri tekan abdomen, adanya ketidaknormalan perkusi, adanya ketidaknormalan palpasi pada ginjal.
f)       B6 (bone)
Pemeriksaan kekuatan otot dan membandingkannya dengan ekstremitas yang lain, adakah nyeri pada persendian.

2.      Analisa data
Data
Masalah
etiologi
DS:
Biasanya pasien mengatakan sering berkemih.
DO:
Inkontinensia urin
Retensi urin

Gangguan eliminasi urine
Gangguan sensori motor
DS:
Biasanya klien mengungkapkan perasaan yang mencerminkan perubahan pandangan tentang tubuh individu.

DO:
Respon nonverbal terhadap perubahan actual pada tubuh.
Perubahan actual pada fungsi danstruktur tubuk
Gangguan citra tubuh
Kehilangan fungsi tubuh, perubahan keterlibatan sosial
DS:
Biasanya klien mengatakan gelisah.
Klien mengeluhkan kekhawatiran karena perubahan dalam peristiwa hidup.
Klien mengatakan susah tidur.

DO:
Klien tampak cemas.
Klien tampak gelisah.
Klien insomnia.
ansietas
Perubahan dalam status kesehatan

3.      Diagnosa keperawatan
a.      Gangguan eliminasi urine b/d gangguan sensori motor.
b.      Gangguan citra tubuh b/d kehilangan fungsi tubuh, perubahan keterlibatan sosial.
c.       Ansietas b/d perubahan dalam status kesehatan.

4.      NCP
Diagnose keperawatan
Criteria hasil berdasarkan NOC
Intervensi keperawatan berdasarkan NIC
Aktivitas NIC
I
Urinary contiunence
Criteria Hasil:
1. Kandung kemih kosong secara penuh.
2. Tidak ada residu urine >100-200 cc.
3. Intake cairan dalam rentang normal.
4. Balance cairan seimbang.
Urinary retention care
1.      Lakukan penilaian kemih yang komprehensif berfokus pada inkontinensia(misalnya, output urin, pola berkemih, fungsikognitif)
2.      Pantau penggunaan obat dengan sifat antikolinergik
3.      Memantau intake dan output
4.      Memantau tingkat distensi kandung kemih dengan palpasi atau perkusi
5.      Bantu dengan toilet secara berkala
6.      Kateterisasi
II
Body image
Criteria Hasil:
1.      Body image positif
2.      Mampu mengidentifikasi kekuatan personal
3.      Mendeskripsikan secara factual perubahan fungsi tubuh
4.      Mempertahankan interaksi sosial
Body image enhancement
1.      kaji secara verbal dan non verbal respon klien terhadap tubuhnya
2.      jelaskan tentang pengobatan dan perawatan penyakit
3.      identifikasi arti pengurangan melalui pemakaian alat bantu.
4.      Fasilitasi kontak dengan individu lain dalam kelompok lain
III
Anxiety self control
Criteria hasil:
1.      klien mampu mengidentifikasi dan mengungkapkan gejala cemas.
2.      Mengidentifikasi, mengungkapakan dan menunjukkan teknik untuk mengontrol cemas.
3.      Postur tubuh, ekspresi wajah, bahasa tubuh dan tingkat aktifitas menunjukkan berkurangnya kecemasan.

Anxiety reduction (penurunan kecemasan)
1.      Gunakan pendekatan yang menenangkan.
2.      Jelaskan semua prosedur dan apa yang dirasakan selama prosedur.
3.      Pahami prespektif klien terhadap situasi stress.
4.      Temani pasien untuk memberikan keamanan dan mengurangi takut.
5.      Dorong keluarga untuk menemani pasien.
BAB III
PENUTUP

A.     KESIMPULAN
Inkontinensia urin merupakan eliminasi urin dari kandung kemih yang tidak terkendali atau terjadi diluar keinginan.(Brunner & Suddart. 2002).
Terdapat lima pengklasifikasian inkontinensia urin, yaitu:
1.      Inkontinensia stress
2.      Inkontinensia urgensi
3.      Inkontinensia overflow
4.      Inkontinensia fungsional
5.      Inkontinensia reflex

Inkontinensia urin dapat disebabkan oleh cerebral clouding, infeksi, gangguan jalur dari saraf pusat (lesi korteks), lesi neuron atas, lesi motor neuron bawah, dan kerusakan jaringan.
Inkontinensia urin dapat ditangani dengan beberapa cara,diantaranya adalah:
1.      Kateterisasi
2.      Medikasi
3.      Pengaturan diet
4.      Latihan otot panggul.

B.      SARAN
Sebagai seorang perawat, sudah menjadi kewajiban untuk memberikan tindakan perawatan dalam asuhan keperawatan yang diarahkan kepada pembentukan tingkat kenyamanan pasien, manajemen rasa sakit dan keamanan. Perawat harus mampu mamahami faktor psikologis dan emosional yang berhubungan dengan diagnosa penyakit, dan perawat juga harus terus mendukung pasien dan keluarga dalam menjalani proses penyakitnya.


DAFTAR PUSTAKA

Potter & Perry. 2006. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC.
Barbara C. Long. 1996. Perawatan Medikal Bedah. Bandung: Yayasan IAPK Padjajaran Bandung.
 Baradero, Marry, dkk. 2009. Seri Asuhan Keperawatan Klien Gangguan Ginjal. Jakarta: EGC.
Smeltzer, Suzanne C. 2002. Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah Brunner & Suddarth. Vol.2. Edisi 8. Jakarta: EGC.
Nurarif, Amin Huda,dkk. 2013. Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA NIC NOC. Yogyakarta: Mediaction Publishing.

No comments:

Post a Comment